Thursday, June 29, 2006

[Ide Usaha] Pembuatan Software Gratis



Mau beramal banyak dengan sekali kerja? Buatlah software yang dibutuhkan banyak orang dan gratis! Inilah yang beberapa kali telah kami coba lakukan dengan bendera Media Jifisa.

Software pertama yang kami coba buat dengan lisensi freeware (software yang didistribusikan secara gratis) adalah software kamus Arab-Indonesia-Inggris. Pembuatan sebuah kamus membutuhkan sumber daya yang tidak main-main, harus berkompeten di bidangnya. Padahal kami hanya orang-orang teknis, bukan santri kualitas wahid yang cas cis cus dalam berbahasa Arab. Bagaimana mensiasatinya?

Pertama terpikir oleh kami, untuk menyalin seluruh isi kamus Al-Munawwir dari Krapyak, Yogya itu. Kamus ini cukup lengkap, dan banyak dipakai sebagai kamus standar bagi pembelajar bahasa Arab di Indonesia. Namun kemudian terpikir oleh kami bahwa pasti perlu izin dari penyusunnya. Selain itu kami sebenarnya ingin proyek ini menjadi amal jama'i, kami ingin memberi kesempatan banyak pihak untuk beramal melalui pembuatan software ini. Pada akhirnya, pemikiran kedua inilah yang lebih kuat, dan terus terbawa dalam pikiran kami.

Maka mulailah kami menyusun sebuah proposal, dan diajukan kepada pondok-pondok pesantren yang kami kenal, juga ma'had-ma'had dirosah, ditambah lagi beberapa yayasan yang bergerak dalam bidang keislaman. Kami ajak mereka untuk bersama menyusun software kamus ini. Tentu kami telah siapkan sebuah software "kosongan" yang siap untuk diisi dengan database kata-kata, kami juga telah menyiapkan segenap perangkat aturan untuk memastikan setiap lembaga melaksanakan tugasnya.

Rencana yang sedemikian matang tersebut kini mangkrak. Ternyata cukup sulit menyatukan sekian banyak lembaga dalam proyek dakwah ini. Salah satu kendalanya adalah kurangnya tenaga dari lembaga mitra yang menguasai teknologi komputer dan internet. Kendala lain yang menyedihkan adalah adanya arogansi lembaga tertentu yang tidak mau terlibat apabila lembaga A turut diajak dalam proyek ini. Satu potret menyedihkan dari umat Islam

Software kedua yang saat ini sedang kami upayakan untuk dapat terlaksana adalah software hadits. Masih dengan semangat yang sama untuk mengajak banyak pihak beramal jama'i, kali ini kami mencoba melayangkan sasaran pada orang per orang, bukan lagi lembaga. Mungkin telah banyak kitab hadits dalam bentuk software yang beredar di Internet, baik yang bersifat freeware/gratis maupun berbayar. Namun, sedikit sekali -kalau bisa dikatakan tidak ada- software hadits yang berbahasa Indonesia.

Beberapa kekhawatiran masih menggelayut di benak kami, namun kami tetap melangkah maju. Harapan kami hanyalah agar karya software ini dapat menjadi amal jariyah yang terus berguna bagi orang banyak, kelak.

Juragan Ide: Nono Setiawan, Bayu




4 comments:

  1. Bagaimana saya dapat memperoleh software ini....?
    Tks.

    ReplyDelete
  2. Afwan Mas Epri, kebetulan saya bulan lalu dapat musibah. Komputer dan seluruh CD backup amblas digondol maling. An Nashr dan Kompilasi Hadits memang proyek lama kami yang sementara masuk kotak. Maaf nih tidak bisa membantu.

    ReplyDelete
  3. bagaiana cara mendapatkan software ini

    ReplyDelete
  4. seperti jawaban saya ke mas Epri, ini sementara masuk kotak. Entah kapan bisa kami teruskan lagi nih...

    ReplyDelete