Tuesday, June 27, 2006

[Uneg-uneg] Lalin yang Makin Semrawut

Ndak tahu kenapa, tapi dua minggu terakhir ini koq aku sering banget lihat kecelakaan. Ya motor, ya mobil. Ndak mesti pas hujan, kadang pas jalan kering kerontang. Kaya'nya koq traffic di Balikpapan ini makin lama makin semrawut. Jadi makin mirip Malang, ya tapi masih agak mending lah. Lha wong dulu waktu pertama kali datang ke sini tahun 2001 masih tertib, koq sekarang malah tambah kacau.

Bayangin deh, dulu itu aku heran lihat mobil dan motor kalau ketemu zebra cross bisa ngurangi kecepatan. Bisa kemudian berhenti dulu untuk mempersilakan orang yang mau nyebrang berjalan dengan aman. Lha sekarang?

Awalnya sih yang mulai semrawut itu anak mudanya. Nyetir motor ngebut-ngebut, spion dicopoti, motor trondol, knalpot ribut, dan seterusnya. Eh, setelah itu koq malah tambah banyak yang gitu. Apa mungkin anak-anak muda ini pulang kuliah dari Malang jadi tambah beringasan ya?

Ndilalah tadi malam malah ya aku juga hampir kecelakaan. Tapi penyebabnya bukan karena pengendara lain yang beringasan nyetirnya itu, melainkan karena pasir bekas hujan yang teronggok di tepi jalan. Kecepatan tidak terlalu kencang (60 kpj), tapi jalan memang menikung 45 derajat. Pas kena pasir roda langsung oleg dan ternyata dari arah berlawanan ada truk. Masya Allah!

Alhamdulillah motor masih bisa dikuasai, kecepatan dikurangi, tapi arah jalan koq masih lurus menuju truk itu! Akhirnya setelah agak pelan motor bisa dibelokkan dan walaupun badan bergetar agak shock perjalanan bisa dilanjutkan. Memang pasca banjir besar Senin lalu, masih banyak pasir yang terbawa ke jalan, nyetir motor kudu lebih hati-hati.


No comments:

Post a Comment