Wednesday, May 30, 2007

Mati Listrik di Samarinda-Balikpapan-Kukar

Senin sore, sepulang kerja ternyata listrik di rumah mati. Ya emang sih di Balikpapan ini sering banget mati listrik, tapi koq tumben matinya mulai jam empat sore. Biasanya kalau pemadaman paling mulai jam 18.00-22.00 atau jam 8.00-18.00.

Ba'da maghrib, terpaksa SENKAI (Sentra Kegiatan Anak Islam) di langgar dekat rumah kami liburkan. Mati lampu sih, kasihan anak-anak kalau dipaksa beraktivitas hanya bermodal emergency lamp.

Menginjak jam sembilan malam, listrik masih belum nyala. Kami sekeluarga bertahan di rumah Eyang karena di situ ada genset. Kalau pulang ke rumah berarti hanya diterangi lilin, plus hawa panasnya itu lho yang bikin Hilmi-Hanif-Hisyam susah tidur. Jadilah malam itu kami bermalam di tempat Eyang supaya anak-anak bisa tidur dengan kipas angin.

Hmm, sudah jam dua belas koq belum nyala ya? Eyang Kakung mulai kesal nih. Apalagi setelah lihat ke luar rumah ternyata di daerah Pupuk dan PDAM sudah menyala lampunya. Akhirnya Eyang Kung sambar motor.

"Ke mana Pak?" tanya Bunda.
"Mau ke PLN," jawab Eyang Kung singkat.

Sepulang dari PLN Eyang masih jutek, tidak ada jawaban memuaskan. Hanya permintaan maaf yang diterima. Alasannya, ada gangguan karena di hulu Mahakam sedang banjir. Karena genset sudah menyala cukup lama, akhirnya terpaksa dimatikan. Kalau tetap dibiarkan menyala pasti overheat dan rusak. Jadilah Ayah Bunda ngipasin Hilmi-Hanif-Hisyam sambil terkantuk-kantuk. Alhamdulillah sekitar jam 2 pagi listrik akhirnya menyala.

Pagi-pagi di kantor Ayah semua pembicaraan berkisar pada masalah listrik. Ada rumah teman Ayah yang bahkan hingga berangkat kerja belum menyala juga. Berita di koran, ternyata ada gangguan sistem interkoneksi Mahakam. Banyak wilayah di Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara (Kukar) yang mati listrik hingga 12 jam atau lebih.

Cita-cita Ayah sih, kalau sudah ada rizqi untuk renov rumah sekaligus pasang solar cell alias panel listrik tenaga surya. Ramah lingkungan, dan bisa 100% lepas dari PLN. Tentu kalau pasangnya buanyak

Tapi sementara belum pasang, ya terpaksa menggantungkan diri dengan PLN deh. Gimana nih Om Adho, koq listrik Balikpapan mati terus?

NB. Khasnya orang PLN, kalau ada yang protes tentang listrik pasti akan bilang "Jangankan rumah situ, rumah saya aja juga mati listrik!"

17 comments:

  1. makanya mas ke Jakarta Listrik sering nyala...mall banyak mau nyari apa apa gampang. hihihi ;))

    ReplyDelete
  2. wah pakdhe Iman ceritanya bales dendam nih yaa... :p

    ReplyDelete
  3. wah pakdhe Iman ceritanya bales dendam nih yaa... :p wong jakarta juga kapan itu blackout koq. siapa bilang sekarang jakarta aman dari krisis energi :D

    ReplyDelete
  4. wah..ternyata sama kayak diciganjur ya..mati listrik terus...:D

    ReplyDelete
  5. hihihi emg betul pak di sini pernah juga blackout tapi kan di mall mall ada dieselnye huheheheheh ;))

    ReplyDelete
  6. Wah...senasib donk dengan kota Bontang...lebih sering terjadi pemadaman listrik bergilir. Sungguh aneh, propinsi yang katanya kaya, membangun tenaga listrik saja susahnya minta ampun.

    ReplyDelete
  7. Tergantung sistemnya, Mas Beny. Kalo pake inverter ya bisa tetep pake lampu TL biasa. Tapi emang lebih hemat kalau pake LED. Apalagi kalo sekalian TVnya beli yang DC, radio DC, kulkas DC, hehehehe...

    ReplyDelete
  8. Huehehehehe, emang kalo mati lampu bisa ngadem di mall ampe jam 2 malem, Pakdhe?

    ReplyDelete
  9. Kalo gak salah di Bontang ada satu kampung laut yang seluruhnya pake solar cell ya? Di daerah mana tuh? Ada temen pernah ke sana tapi lupa nama daerahnya.

    ReplyDelete
  10. Sayangnya saya belum pernah kesana ? :)

    ReplyDelete
  11. he...he... Saya hadir Om.....

    Iya neh, maaf beribu maaf itu yang bisa kami ucapkan. Kalau yang sehari semalam kemarin emang diluar jadwal padam. Semalam suntuk rombongan Tim Gangguan menelusuri hutan2 arah ke samarinda, untungnya bulan bersinar terang jadi agak terbantu.

    Sekedar informasi pemadaman disebabkan karena gangguan Transmisi GI Karang Joang - Harapan Baru nah dari situ terjadi kebakaran Trafo PT KALTIMEK yang disewa PLN kebakar jadi deh kehilangan daya kurang lebih 15 MW (terputus ditengah jalan), terus ditambah kekurangan daya dari arah pedalaman Samarinda yang terkena banjir (Otomatis mesin dimatiin).

    Insyaallah, akhir tahun ini ada tambahan daya dari Pembangkit yang menggunakan Bahan Bakar Gas. Ada Perusahaan yang menyanggupi menyuplay kekurangan Gas (selama ini suplay gas ke mesin kita kurang banget pak, dari 100% yang dipesen hanya ada 50%nya - Perusahaan yang ditunjuk gak mampu mencukupinya padahal kan Kaltim penghasil gas terbesar jg kan pak. konon dah lari ke Luar Negeri....).

    Tolong dibantu terus mengenai "Penghematan Listrik" Om dan Inovasi menggunakan "Solar Cell" sangat saya dukung. Dan tolong kalau bisa saya dikasih bocoran mengenai "SOLAR CELL"

    Kami selalu mengusahakan yang terbaik Om....... Memang selama ini yang kelihatan cuman janji2nya DOANK, tapi kami tetap ingin membuktikan janji itu.... *Semoga*

    ReplyDelete
  12. Waduh, langsung Bapak Stap Humas PLN Kalimantan nih yang kasih penjelasan :D
    Tengkiu Om..

    ReplyDelete
  13. Emang kesel kalo lagi mati lampu, jangankan yang bukan PLN, keluarga PLN juga kalo mati lampu keseringan suka kesel. Tapi yo mo d gimanain, hehe, PLN tetep usaha, dan pengen banget malah kalo GAK PERNAH ADA GANGGUAN. Nyala teruuuss, gak ada yang mati. Tapi itu kan hanya kemuan dan buatan manusia, tetep juga buatan manusia sehebat apapun pasti ada jeleknya (kayak kata dorce, Kesempurnaan Hanyalah Milik Allah, kekurangan pastinya milip PLN, hehe). Yang pasti PLN akan terus berusaha melayani kebutuhan listrik dan memperbaiki pelayanannya, walaupun sering terjadi gangguan di sana sini.

    Jadi, mohon maaf dan mohon maklum..:)

    ReplyDelete
  14. ha...ha....ha...

    Saya ini cuman Pegawai Kontrakannya PLN alias "OUTSOURCING"...... Cuman "SUSAHNYA" PLN "SUSAHNYA" saya jg, "SENENGNYA" PLN "SENENGNYA" saya jg.... soalnya saya nyari makan di PLN. ......

    ReplyDelete
  15. Selain buar pet Balikpapan krisis air. Salut buat masayarakat Balikpapan yang punya kesabaran yang super tinggi.

    ReplyDelete
  16. Sabar? Tepatnya cuek kali ya... :)
    Soalnya merasa mempu untuk beli genset, mampu beli bensinnya, dll, dsb. Menurut saya ini menggambarkan rendahnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam urusan publik, alias cuek :)

    ReplyDelete